Komunitas Pejalan Spiritual, Memberi wawasan tentang Tenaga Dalam/Gaib - Metafisika - Penyembuhan Prana - Mistik Kuno - Terawang - Mbabar Jiwa Ma'rifat Jati, guna membentuk pribadi yang berbudi luhur, cinta tanah air, budaya bangsa

Kawruh Kesejatian

Kawruh artinya ilmu. ilmu kejawen mengasah kedalaman batin dari manusia, Tuhan dikenali dengan sifatnya, yaitu KeTuhanan, seperti di pancasila yang mengenali sifat Tuhan yaitu Ketuhanan yang Maha Esa. sifat Tuhan dalam Kejawen teraktualisasi dalam penyebutan Tuhan dengan berbagai istilah, ada Hyang Jagat (Maha menguasai alam semesta), ada Hyang Manon ( Maha melihat), Hyang Sukma (Maha menguasai sukma), dan sebagainya.

Mengenai Tuhan sendiri diajarkan dalam kejawen untuk tidak pernah menelaahnya, kejawen menelaah Tuhan tidak dengan teori causa prima, tapi dengan prinsip 'TAN KENA KINAYA NGAPA', yang artinya tidak bisa dipikirkan apapun, tidak perlu telaah apapun juga. cukup dengan rasakan dan jalani saja. Pencarian KeTuhanan tidak dilakukan dengan merambah kejadian di luar diri manusia, tetapi di dalam diri manusia, bahkan lebih sempit lagi ke dalam pribadi manusia itu sendiri-sendiri. dijalankan dengan laku untuk menemukan SUKMA SEJATI.

Ajaran kejawen tidak pernah memaksakan diri untuk memperbanyak umatnya. hanya menyampaikan ajaran saja dalam paguyuban dan menawarkan jika cocok silahkan dilakukan, jika tidak cocok ya silahkan dibuang. kejawen tidak pernah mengenal dakwah atau kotbah dengan menganggap ajarannya adalah yang terbaik bagi umat manusia, yang ada adalah WEDARAN KAWRUH secara bersama-sama.
Andap asor dan sumeleh....
semoga damai selalu,,, rahayu mulyaning jagat...

0 Response to "Kawruh Kesejatian"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel